Saturday, May 19, 2007

MASIH PERLUKAH PUNISHMAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH ?

MASIH PERLUKAH PUNISHMAN

DI LINGKUNGAN SEKOLAH ?

Bermuara dari terungkapnya kasus kekerasan di IPDN yang sudah terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dan bahkan telah merengut beberapa nyawa Praja yang menjadi tumpuan dan harapan orang tua, belum lagi cerita Praja yang cacat dan melarikan diri dari lingkungan kampus yang sangat megah karena tidak tahan lagi menerima perlakuan dan kekerasan dari seniornya .

Di tambah lagi beberapa waktu yang lalu juga diberitakan ada siswa yang meninggal dunia karena di aniaya oleh guru, tentu hal ini menambah catatan hitam dalam dunia pendidikan kita , yang notabene adalah sebagai lembaga yang diharapkan mampu mencetak insan Indonesia yang cerdas , yang menguasai teknologi , jujur , berbudi pekerti luhur serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa .

Seiring dengan gaung Reformasi yang terjadi beberapa tahun yang lalu juga membawa imbas pada dunia pendidikan kita . banyak praktisi , pemerhati , LSM sampai pada pakar sosiolog yang menghembuskan wacana demokratisasi dalam lembaga pendidikan , artinya harus ada perubahan paradigma dalam penegakan disiplin di sekolah kerarah yang lebih demokratis dan menjujung serta melindungi hak – hak siswa . Bahkan pemerhati masalah pendidikan dengan lantang dan kerasnya mengecam jika di suatu lembaga pendidikan masih memberikan sanksi atau hukuman kepada siswa yang melanggar tata tertib , dalam pandangan mereka apabila ada siswa yang melanggar tata tertib cukup di berikan teguran atau arahan lisan saja .

Kondisi seperti ini tentu menjadi sangat dilematis bagi sebagian guru yang berhadapan langsung dengan siswa di lingkungan sekolah . Demokratisai memang harus kita tumbuh kembangkan dalam dunia pendidikan kita dengan tidak mengabaikan disiplin . “… Dan satu hal yang harus kita ingat bahwa ada kecenderungan pada sebagian anak didik kita untuk mengabaikan tata tertib yang dibuat oleh sekolah …”

Dalam kaitan dengan upaya menumbuhkan rasa tanggungjawab dan menciptakan kedisiplinan yang berorientasi pendidikan , dan dalam kaitan dengan upaya menumbuh kembangkan demokrasi dalam dunia pendidikan kita … masih perlukah Punishman dilingkungan sekolah ….??

No comments: